Sabtu, 07 November 2009

HARGA HEWAN QURBAN FADLOIL TAHUN 2009




Pelanggan fadloil terhormat,

Tahun ini kami tetap bersikukuh dengan harga jual yang didasarkan timbang hidup riil di kandang Fadliol Bekasi, walaupun harga kelihatan mahal akan tetapi sebenarnya murah.

Banyak siasat yang dilakukan para pedagang untuk menampilkan harga murah dengan penentuan harga didasarkan kira-kira. Ada pula yang mencantumkan harga dengan sistem timbang riil tetapi penimbangan dengan penentuan kelas dilakukan di daerah asal ternak, sehingga penyusutan yang tumbul karena perjalanan dan penampungan di Jakarta menjadi beban konsumen. Penyusutan akibat perjalanan dari Jawa tengah ke Jakarta mencapai 2 kg per ekor, apabila perlakuannya mulai saat pengumpulan, pengangkutan, penyusunan, pembongkaran, kurang baik, maka penyusutan lebih dari itu ditambah lagi saat penampungan yang ala kadarnya akan menimbulkan penyusutan harian yang besar.
Prosentase hasil karkas ( tulang, daging ) ditentukan dari berat hidup, misal berat hidup di kampung 30 kg menghasilkan 50% karkas = 15 kg, setelah dibawa dan ditampung di Jakartaa berat hidupnya susut menjadi 25 kg dan karkas yang dihasilkan 50% dari 25 kg = 12,5. Alangkah besarnya kerugian yang di derita konsumen.

Konsumen menjadi rugi apabila melakukan pembelian dengan sistem jogrok karena walaupun mengalami penyusutan jogroknya tetap terlihat sama.

" Selamat hari raya Iedul adha 1430H pelanggan "
:)

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Memang kita harus berhati2 dengan harga yang murah. Bisa jadi harga murah karena penimbangan di jawa timur atau jawa barat sehingga sampai di pembeli di bekasi atau jakarta sudah susut 3-4 kg.

Nurendro Adi mengatakan...

Saya setuju dengan harga yang fair seperti fadloil, karena banyak penjual menawarkan harga dengan range yang besar misalnya 20 - 25 kg, padahal banyak yang 20 kg, itupun berat di jawa, jadi realitasnya cuma 16 kg. Jadi kalo ada yang murah, minta aja penjual menimbang di depan kita atau bawa timbangan sendiri

Hendri

Unknown mengatakan...

Adalah hal yang sangat menarik dalam hal penentuan harga dari sisi pembeli, terutama pada harga yang ditentukan oleh saat ( Momentous Price ). Dimana harga lebih didorong oleh harga kewajiban. Harga atas hak dan manfaat menjadi pilihan kedua.
Hanya kebijakan penjual untuk memastikan harga fair. Semoga Fadloil jadi yang terdepan untuk hal ini.